Entri Populer

Daftar Blog Saya

Powered By Blogger

Sabtu, 01 Januari 2011

Perawatan Rantai Sepeda Bmx

Penggemar sepeda umumnya merasa dirumitkan dengan masalah rantai sepeda. Baik jenis sepeda tipe jalanan, seperti BMX, maupun sepeda gunung semacam MTB. Sebenarnya, jika kita jeli merawatnya, tidak akan serumit yang dipikirkan. Boleh jadi hal itu memang rumit, namun pasti ada solusi terbaik supaya tunggangan Anda tidak meyusahkan.

Rantai Sepeda

Rantai merupakan sebuah elemen yang sangat penting bagi pengguna sepeda. Meskipun gampang dalam merawatnya, jika Anda belum mengetahuinya, mungkin akan menjadi susah. Oleh karena itu, Anda harus tahu batas waktu untuk membersihkan rantai sepeda secara berkala.

Layaknya manusia, rantai pun memiliki umur sehingga kita harus benar-benar tahu berapa lama ketahanan sebuah rantai sepeda. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kesulitan jika tiba-tiba rantai sepeda Anda putus di tengah jalan.

Tanda-Tanda Rantai Rusak

Beberapa indikasi ketika rantai mulai terlihat rusak bisa dirasakan. Misalnya, ketika akan memindahkan gigi ke depan atau kebelakang, rasanya sudah banyak yang tidak pas dan kurang enak. Selanjutnya, rantai sudah sering lepas tiba-tiba dan kadang terselip di bagian depan atau gigi belakang.

Tanda lain yang mengindikasikan hal tidak beres adalah adanya suara-suara gemericit yang ditimbulkan oleh rantai tersebut. Yang terakhir, sama halnya dengan motor, jika rantai sepeda sudah kering, akan menimbulkan suara seperti hentakan dan mengayuhnya akan sedikit sulit.

Jika hal itu sudah terjadi, sepeda Anda harus cepat mendapat perhatian. Apakah harus diganti atau hanya perlu perawatan dengan memberikan sedikit pelumas pada rantai sepeda Anda. Beberapa hal yang telah disebutkan kecil kemungkinan untuk mengganti rantai.

Gejala yang timbul seperti itu hanya perlu diberikan pelumas. Dengan begitu, selang beberapa hari pun sepeda Anda pasti sudah dapat dipakai. Meski begitu, supaya lebih aman, setelah memberikan pelumas atau perawatan, Anda harus tetap mempersiapkannya untuk diganti dengan yang baru. Apalagi, jika umurnya sudah lama.

Waktu normal untuk mengganti rantai sepeda BMX atau sepeda gunung bergantung pada pemakaian. Jika jarang dipakai, tidak diganti pun tidak apa-apa. Untuk kondisi pemakaian normal, jarak waktu satu sampai dua tahun harus segera diganti. Jika yang pemakaiannya sembarangan, kemungkinan kurang dari waktu tersebut sudah harus benar-benar diganti.

Satu lagi yang menjadi perbedaan adalah medan. Jika Anda seorang yang hobi bermain di gunung, akan lebih rentan karena kerap terjadi perpindahan di gigi rendah. Seringnya perpindahan gigi ini akan membuat rantai cepat aus. Beda halnya dengan di jalanan biasa. Karena lebih stabil dan tidak terlalu sering memindahkan gigi, umurnya akan lebih lama.

Perawatan Sepeda

Beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawat sepeda Anda adalah sebagai berikut.

      1. Lakukan pemberian pelumas pada rantai secara berkala. Bagusnya, jika pemakaian normal seminggu atau dua minggu sekali.
      2. Lakukan pergantian rantai secara berkala. Supaya lebih aman, 1,5 tahun sekali ataupun bergantung selera karena hanya Anda yang bisa merasakan kenyamanan.

1 komentar: